Profil Lengkap Desa Sumberwuluh

 

Kantor Desa Sumberwuluh yang berada di Dusun Geneng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong.

 

PROFIL DESA SUMBERWULUH

Desa Sumberwuluh merupakan desa yang terletak di wilayah Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Sumberwuluh berada di bagian barat wilayah Kecamatan Dawarblandong atau berjarak sekira 4 km lebih dari pusat Pemerintahan Kecamatan Dawarblandong. 

 

  • Letak dan Kondisi Geografis

Secara geografis Sumberwuluh memiliki luas 33,3 km² dengan titik koordinat pusat pemerintahan desa di posisi -7.333829,112.387088. Kondisi geografis Desa Sumberwuluh merupakan dataran rendah yang dilalui sungai lamong. Sebagian besar wilayahnya adalah lahan pertanian dan hutan.

 

  • Demografi, Topografi, dan Monografi

Berdasarkan Topografi, Sumberwuluh bagian Utara berbatasan dengan Dusun Brangkal dan Tanjungan Desa Brangkal dan Dusun Jombang Delik Desa Jombang Delik Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik dengan dibatasi sungai lamong. Sumberwuluh bagian Selatan berbatasan dengan Dusun Pelem dan Cendoro, Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong.

Sementara Desa Sumberwuluh bagian Timur berbatasan langsung dengan Dusun Sumberdadi, Desa Gunung Sari dan Dusun Cinandang, Desa Cinandang Kecamatan Dawarblandong. Sebelah Barat berbatasan dengan Dusun Mlati, Desa Simongagrok, Kecamatan Dawarblandong.

Desa Sumberwuluh memiliki empat dusun, yaitu Dusun Sumberwuluh (bagian timur), Dusun Geneng (pusat pemerintahan), Desa Jombangan (bagian barat) dan Selogendogo (bagian selatan).

Secara Monografi, Desa Sumberwuluh memiliki jumlah Kepala Keluarga sebanyak 948 dengan total penduduk sebanyak 2.820 jiwa. Jumlah laki-laki sebanyak 1.403 jiwa dan perempuan 1.417 jiwa. Mayoritas penduduk Desa Sumberwuluh beragama Islam dengan persentase sebesar 99,8%.

 

  • Mata Pencaharian
Petani cabai (Suliadi) memastikan kondisi irigasi lancar guna pengairan lahan pertanian.

 

Dari jumlah penduduk yang ada, mayoritas atau sekitar 60 persen diantaranya adalah sebagai petani/pekebun. Sementara sisanya adalah wiraswasta, karyawan swasta dan ASN. Sebab mayoritas penduduk Desa Sumberwuluh mata pencahariannya di sektor pertanian/perkebunan, maka ada sejumlah komoditas yang menjadi andalan, diantaranya adalah padi, jagung, cabai, tebu, tembakau, dsb. Bahkan, penduduk setempat juga semakin diuntungkan dengan berdirinya gudang pertanian (khususnya jagung) yang terletak di wilayah Dusun Geneng. Gudang tersebut bahkan tidak hanya menampung produk pertanian lokal, tapi juga wilayah kab/kota lain.

Bukan hanya di sektor pertanian/perkebunan, penduduk Desa Sumberwuluh juga terkenal dengan semangat juangnya dalam berwiraswasta/berdagang, khususnya di bidang kuliner. Nasi goreng dan Tahu Tek menjadi produk kuliner andalan yang dipasarkan, bukan hanya dalam lingkup lokal (di wilayah desa), namun juga sampai ke wilayah luar desa/kota. Rasanya yang pedas/gurih membuat banyak lidah ketagihan dengan produk andalan pedagang Nasi Goreng dan Tahu Tek khas Sumberwuluh.

Bukan hanya di bidang kuliner, di Dusun Geneng, Desa Sumberwuluh juga konsen menekuni industri kreatif pembuatan helm dengan sasaran pasar sampai ke luar Provinsi.

 

  • Infrastruktur dan SDM
Pembangunan Jalan Usaha Tani Dusun Geneng, bukti infrastruktur merata.

 

Saat ini, dengan bantuan dari Pemerintah, baik dari Anggaran Dana Desa dan/atau Alokasi Dana Desa, Pemerintah Desa Sumberwuluh berhasil mewujudkan pemerataan pembangunan di bidang infrastruktur dan Sumber Daya Manusia. Jalan mulai dari kedukuhan hingga akses lokasi pertanian, hampir seluruhnya telah dirabat beton. Tentunya infrastruktur yang memadai ini sangat baik dalam memperlancar perekonomian warga. 

 

  • Pendidikan dan Kesehatan

 

Pustu Sumberwuluh terletak di Dusun Sumberwuluh, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong.

 

Akses kesehatan dan pendidikan juga tidak kalah mentereng karena di Dusun Sumberwuluh juga terdapat Puskesmas Pembantu dan Sekolah SMPN 2 Dawarblandong. Artinya, Desa Sumberwuluh dipercaya dan memiliki kapabilitas sebagai wilayah terpadu bagi Pemerintah Kecamatan Dawarblandong.

Dengan akses kesehatan dan pendidikan yang memadai, maka akan tercipta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Photo

Pengunjung

Pengunjung online : 0

Pengunjung hari ini : 1

Pengunjung kemarin : 16

Pengunjung minggu ini : 170

Total Pengunjung : 6861

ban11